HMJ Pendidikan Fisika Membangun Desa Bersama Organisasi Aksi Cepat Tanggap

HMJ Pendidikan Fisika Membangun Desa Bersama Organisasi Aksi Cepat Tanggap


"Borong bulo keren" itulah slogan sekaligus tujuan dari  HMJ Pendidikan Fisika dan Aksi Cepat Tanggap dalam membangun dusun borong bulo. desa yang berjarak 80 km dari pusat kota kabupaten gowa. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika UINAM melakukan kegiatan Bakti Sosial ke Desa Sapayya, Kecamatan Pauh, Bungayya, Jumat (26 April 2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Perwakilan kepala Dusun, Bapak daeng yusuf . daeng yusuf mengatakan bahwa kedatangan adik-adik untuk membangun desa akan di sambut baik oleh warga dusun borong bulo. "Senang dengan adanya adik-adik mahasiswa untuk membantu membangun Dusun Borong Bulo dan harapan saya kepada adik-adik jikalau menanam tidak hanya sekedar menanam tetapi menanam hingga mendapati hasilnya dan saya sangat berharap sekali nantinya berbuah manis ," ujarnya.

Ketua HMJ pendidikan fisika Muh fathi menjelaskan bahwa ini pertama kalinya HMJ pendidikan Fisika melaksanakan bakti sosial dan turun langsung untuk membangun desa. desa yang sangat sulit di jangkau dan harus melewati jurang,lumpur,bebatuan dan tanjakan. " dan Biasanya bakti sosial selalu dilakukan di panti asuhan dan sekitar-sekitar kota saja," ujarnya.

Bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masyarakat sekitar dan memotivasi anak-anak desa membangun desanya sendiri. dimana desa ini yang akses jalannya yang tidak layak, ruangan SMP yang tidak layak, SMA yang tidak ada, air yang keruh ketika hujan dan tidak ada air ketika kemarau tiba dan masjid yang fasilitasnya seadanya.

Dalam mengurangi beban yang ada mahasiswa yang turun langsung ke lokasi sebanyak 30 orang. Di hari pertama, diisi dengan kegiatan sosial di berbagai tempat, Mengajar di SMP, Membersihkan Masjid dusun sapayya, Meratakan lumpur di jalan menuju desa dan mengadakan lomba bagi anak-anak sekitar.

Di hari kedua, langsung menuju sungai. sungai ini adalah salah satu sumber air dari dusun borong bulo sebagai penghidupan masyarakat sekitar. yang berjarak 3 Km dari perumahan. Teman-teman turun ke sungai guna membangun penampungan air dan penjernihan air dengan beberapa sak semen,pasir alat seadanya. yang di bantu bapak-bapak dan anak-anak yang penuh semangat dan sangat antusias dalam membangun desa. 
 

 

 

No comments:

Post a Comment